Sunday, 3 June 2012

Cengkeh Udah Musim


Alhamdulillah
Saat ini sudah membuat aurah senyum bahagia penuh kepuasan oleh petani cengkeh kabupaten Bulukumba, Sinjai dan Bantaeng. Bukan hanya petani yang diuntungkan hampir semua orang yang berada disekitar petani cengkeh tersebut (bagi yang mau bekerja).
Si pembuat tangga bambu untuk panjat pohon cengkeh dibayar untuk jasanya, orang memetik cengkeh yang dibayar dengan kisaran 2 ribu rupiah per liter, para pedangang cengkeh tentunya juga merasa untung dengan hasil alam ini.
Masing-masing orang punya peluang untuk mendapatkan uang lebih dari 100 ribu rupiah per hari bagi mereka yang bekerja sebagai buruh namun yang lebih sejahtera tentunya adalah petani sang pemilik cengkeh dan pedagan yang tingkat kesejahteraannya lebih mapan bila musim cengkeh sudah ada.
Hanya sedikit tantangan yang mungkin agak sulit dilakukan oleh orang yang tidak terbiasa melakukan kegiatan panen cengkeh. Tinggi pohon yang berkisar hingga 15 meter hanya dengan menggunakan sebatang bambu kecil dengan mengutas 2 helai tali untuk keamanan tangga bambu tersebut. tentaunya haarus punya mental dan keberanian yang kuat untuk memanjat. Memindahkan tangga juga agak berat karena tangga yang tinggi harus dipindakan oleh seorang saja dalam keadaan berdiri. Tentunya dibutuhkan kebiasaan untuk melakukan ini.




0 komentar:

Post a Comment

شُكْرًا كَثِرًا
Mohon titip Komentarnya yah!!
وَالسَّلامُ عَليْكُم