Skip to main content

Kebiasaan Baru dalam Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang mulia bagi umat Islam. Agama Islam ini meyakini bahwa didalamnya penuh dengan berkah sehingga orang menyebutnya Ramadhan Mubarak atau bulan ramadhan yang penuh berkah.

Dalam tradisi ramadhan di Indonesia, banyak hal yang dilakukan oleh umat Islam. Meskipun demikian, beberapa tradisi mengalami pergeseran seperti cara membangunkan warga dengan cara keliling lorong menyapa warga untuk segera mempersiapkan sahurnya. Orang-orang dikampung juga pergi ke masjid menggunakan pelita dan tradisi lainnya. Tujuannya selain menjaga tradisi ada pula masyarakat yang mengejar keberkahan bulan ramadhan. Makanya suara tadarrus al quran, bakti masyarakat, ceramah islam dan berbagai bentuk amaliyah ramadhan lainnya lebih banyak dijumpai pada bulan ini.
Sisi lain dari tradisi di bulan ramadhan bagi pemeluk Islam saat ini adalah membentuk kebiasaan bahwa pemeluk Islam boleh dikenang sebagai sosok yang taat beribadah atau orang yang pandai membawakan dakwah islam. Meskipun begitu, orang yang beribadah karena ingin dikenang sebagai sosok yang baik bisa menghapus amal kebaikannya bahkan bisa menjadikan seseorang berdosa. Berikut ini adalah salah satu gambaran tradisi yang baru digunakan oleh pemeluk Islam sebagai media publikasi.
Gambar seperti ini secara sepintas tidak ada masalah, namun sangat tergantung dari niat seseorang.

Mungkin ada yang menilai bahwa cara tersebut tidak benar berdasarkan ajaran islam karena amaliyah ramadhan (dalam bentuk teks dakwah) tersebut memiliki maksud lain diluar dari kepentingan ibadah. Memang betul niat sangat berpengaruh terhadap amalan seseorang. Semoga tradisi baru yang terbentuk dalam masyarakat Islam tidak menggeser nilai-nilai dan amalan-amalan yang disyari’tkan dalam Islam.

Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.