Skip to main content

Belajar buat Lemang

Membarak Lemang
Kamis kemarin kami mencoba meramu dan memasak makanan khas sulawesi selatan yang dikenal dengan nama Lemang atau Kaddo Bulo. Karena sensasi rasanya sangat pas dilidah sehingga kami penasaran untuk mencoba membuatnya.

Hari itu kami bersama Mursal, Wahyu, Amus dan saya sendiri menyediakan bahan karena salah satu dari kami mengaku bisa membuatnya. Setelah bahan siap seperti beras ketan, parutan kelapa, bambu, daun pisang dan ikan untuk lauknya. Selanjutnya kami mencoba mengola tapi saat teman kami yang mengaku tau cara membuat lemang ditanya dia justru bingung sehingga kami terpaksa cari akal. Untungnya ada youtube yang menjadi pentunjuk setelah gugling.
Memotong bambu

Jadi cerintanya kami bekerja berdasarkan petunjuk dari youtube. Karena masih meragukan resep tersebut akhirnya kami hanya membuat sebanyak 2 liter beras ketan untuk dibuat lemang. Kami melakukan percobaan dan alhamdulillah hasilnya memuaskan. Masih tersisa 3 liter lagi beras ketan yang siap di buat untuk kesempatan berikutnya.
Mengola Bahan Dasar
Untuk selanjutnya, jika belum tau betul cara, teknik dan bagaimana mengola atau mengurus sesuatu maka kami tidak akan membuatnya lagi. Jika dalam keadaan terpaksa sehingga diminta membuat sesuatu maka buatlah dengan meminta petunjuk dari orang-orang yang sudah tau. Jika belum juga dapat maka coba gugling atau cari di youtube informasinya.

Cerita kami ini hanyalah pengalaman yang mungkin memiliki manfaat bagi anda jika suatu saat diminta membuat/melakukan sesuatu dan menemui jalan buntu karena resepnya.

Menikmati Lemang/Kaddo Bulo

Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.