Skip to main content

Silaturrahmi Melalui Dialog Pemuda di Desa Anrang

Ikatan Pelajar dan Pemuda Mattoanging (IPPM) pada hari Ahad, 29 Oktober 2017 telah melakukan kegiatan Dialog Kepemudaan dengan tema “Potensi Pemuda dalam mengawal Pemberdayaan Masyarakat” sukses dilaskanakan di Aula Kantor Desa Anrang Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba.
Sebagai pemuda desa yang sadar akan pentingnya pembangunan sumberdaya manusia dan juga infrastruktur maka IPPM mencoba mengajak seluruh elemen masyarakat yang terdiri dari pemerintah Desa, Tokoh Masyarakat serta Pemuda Desa Anrang untuk ikut dalam dialog dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat”.
Dialog ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Anrang (Bpk. Bachtiar) sebagai pengarah bersama Aktivis Pemuda (Abdul Haris Mubarak) sebagai pembawa materi dialog. Dialog pemberdayaan pemuda desa ini diarahkan langsung oleh moderator (sdr. Ilham) yang juga sebagai Plt Ketua IPPM.
Pada Kegiatan Dialog ini setidaknya tersimpul beberapa poin antara lain: 1) kepala desa dan tokoh masyarakat mendukung pelaksanaan kegiatan kepemudaan, 2) pemuda diharapkan mampu memperkuat silaturrahim agar semangat kepemudaan lebih kuat dan lebih terarah, 3) menginpirasi pemuda desa untuk membangun wadah organisasi yang lebih luas dan mampu mencover seluruh elemen pemuda desa.
Dialog Pemuda Desa yang dipimpin oleh Kades Anrang ini merekomendasikan suatu langkah strategis terkait pemberdayaan pemuda. Hal ini dilatarbelakangi oleh besarnya potensi pemuda desa yang selama ini masih butuh peningkatan dalam hal pemberdayaan. Insya Allah, Desa Anrang akan lebih mantap melalui pemberdayaan pemuda.

Comments

Popular posts from this blog

Strategi Kepemimpinan Ali Bin Abu Thalib

BAB I PENDAHULUAN A.       Latarbelakang Masalah Nabi Muhammad saw. Tidak meninggalkan wasiat tentang siapa yang akan menggantikan beliau sebagai pemimpin politik umat Islam setelah beliau wafat. Beliau tampaknya menyerahkan persoalan tersebut kepada kaum Muslimin untuk menentukannya sendiri. Kaena itu, tidak lama setelah beliau wafat; belum lagi jenazahnya dimakamkan, sejumlah tokohMuhajirin dan Ashor Berkumpul dibalai kota   Bani Sa’dah, Madinah.  

Kedudukan Ar-ra'yu sebagai Landasan Hukum Islam

Referensi Pada dasarnya umat Islam yang beriman Kepada Allah swt. Meyakini bahwa Sumber utama Ajaran Islam yaitu Alquran dan Hadis sudah sempurna. Firman Allah dalam Alquran sudah sempurna membahas aturan-aturan, hukum, ilmu pengetahuan (filsafat), kisah, ushul fiqh dan lain-lain. Begitu juga Hadis Rasulullah yang salah satu sifatnya menjadi penjelasan ayat-ayat dalam Alquran. Posisi Hadis adalah penjelas dan sumber kedua setelah Alquran.

Dasar-dasar Pendidikan Islam

DASAR-DASAR PENDIDIKAN ISLAM (Tinjauan al-Qur'an dan Hadis) Oleh : Kelompok 2 A.    Pendahuluan Islam mempunyai berbagai macam aspek, di antaranya adalah pendidikan (Islam). Pendidikan Islam bermula sejak nabi Muhammad Saw, menyampaikan ajaran Islam kepada umatnya. [1]   Pendidikan adalah proses atau upaya-upaya menuju pencerdasan generasi, sehingga menjadi manusia dalam fitrahnya. Itu artinya bahwa pendidikan merupakan conditio sine quanon yang harus dilakukan pada setiap masa. Berhenti dari gerakan pendidikan berarti   lonceng kematian (baca; kemunduran atau keterbelakangan) telah berbunyi dalam masyarakat atau negara.